Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Saturday, March 5, 2016

Bola Gula Api
            Mungkin kalian pernah melihat bola api di sekitar kalian maupun di internet dan televisi. Atau kalian juga pernah mendengar sepak bola api yang tidak kalah jauh berbeda dengan sepak bola yang pada umumnya, sepak bola api kini telah marak di Indonesia. Bola yang digunakan ialah batok kelapa yang kering yang direndam ke minyak tanah hingga menyerap ke pori-pori serat kelapa lalu dibakar. Akan tetapi eksperimen kali ini, kita tidak akan membuat bola api yang bisa dimainkan seperti sepak bola api. Kita akan hanya mengetahui cara membuat bola api dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Sebelum itu, kita siapkan alat dan bahan.
-        Penjepit makanan
-        Korek api
-        Lilin
-        Wadah kecil
-        Abu kertas yang sudah dinakar
-        Dua bongkah gula batu
Selanjutnya, lakukan langkah-langkah berikut ini.
Pertama, nyalakan lilin dengan menggunakan korek api
Kedua, ambil salah satu bongkahan gula batu, sebut saja itu gula batu a. Ambil gula batu a tersebut dengan menggunakan penjepit makanan.
Ketiga, bakarlah gula batu a! Lihat reaksi apa yang terjadi pada gula batu a.
Keempat, ambil bongkahan gula batu kedua, sebut saja itu gula batu b. Ambil gula batu b dengan menggunakan penjepit, lalu lumurkan pada abu kertas yang sudah dibakar hingga merata.
Kelima, setelah dilumuri hingga merata bakarlah gula batu b dan lihat reaksi yang terjadi.
Pada gula batu a, reaksi yang akan terjadi ialah gula batu tidak dapat terbakar oleh api hanya saja terdapat bekas hitam gosong.  Pada gula batu b, reaksi yang terjadi ialah gula batu tersebut terbakar oleh  api dan akan terbentuk seperti bola api. Hal tersebut terjadi karena pada gula batu b, sebelum dibakar telah dilumuri oleh abu kertas yang sudah dibakar. Abu kertas tersebut bersifat katalisator dalam proses pembakaran gula batu. Arti dari katalisator itu sendiri ialah zat yang ditambahkan ke dalam suatu reaksi dengan maksud memperbesar kecepatan reaksi. Sehingga pada gula batu b dapat terbakar karena telah dilumuri abu kertas.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Welcome to my blog, thank. //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //